Metode Pengumpulan Data dalam Bimbingan dan Konseling


METODE PENGUMPULAN DATA DALAM RANGKA BIMBINGAN dan KONSELING
Dalam rangka pelaksanaan/upaya Bimbingan dan Konseling ada 2 kelompok besar Metode Pengumpulan Data yang sering digunakan, yaitu:
1. Metode Pengumpulan Data dengan  Tes
Test yang dimaksud tentunya alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang. Kemampuan itu bisa berupa kemampuan hasil belajar yang muncul atau yang diungkap dengan Test, dan test itu yang diciptakan seorang guru berdasarkan Pokok bahasan yang diajarkan. Bila mana demikian proses pem uatannya maka disebut Test buatan Guru.
Bila mana suatu test itu dirumuskan secara bersama sama oleh Para Pakar , dan setelah itu diuji cobakan berkali kali kepada  obyek yang ditest maka hasil yang demikian disebut Test Terstandar.
Contoh test terstandar itu adalah : 1. test ujian nasional (UAN); 2. Test Pengukuran Psikologi yang lebih dikenal dengan Test Intlegensi ;  3. Test Kepribadian; 4. Test minat, dan masih banyak lagi jenisnya.
2. Yang Kedua Adalah : Metode Pengumpulan Data dengan alat Non Test, dalam arti tidak dengan test.
Alat Non test itu, seperti:
a. Pedoman Observasi
b. Pedoman Wawancara/ Interview
c. Daftar Cek
d. DPM (daftar pengungkapan masalah)
e. Studi Domumen
f. Infentory
g. Kuesioner
h. Angket
j. Sosiometri
         Semua alat non test tersebut diatas gunanya untuk mengumpulkan data sesorang yang  menyangkut aspek non akademik (bukan hasil belajar yang akan diukur) betapapun sebenarnya banyak juga digunakan seseorang untuk lebih mendalami bagai mana kemampyan  belajar seseorang.
Kalaupun itu ada terjadi, biasanya yang demikian untuk mendampingi Alat Test, dalam  arti bukan alat pengukuran utama.
         
Tugas untuk dikerjakan  menjelang pertemuan Tatap  muka minggu ke - 2 Nopember 21
" pilih salah satu alat pengumpul data di atas, dan buatlah contohnya ".
         


1 comment:

jadahcaiazzo said...

해양수산부(장관 조승환)는 우리카지노 오는 24일부터 크루즈선을 통한 외국인 여행객의 국내 입국과 하선 관광을 재개한다고 19일 밝혔습니다. 지난 2020년 2월 코로나19 확산 방지를 위해 중앙사고수습본부가 시행한 관광 목적 크루즈선의 국내항 입항금지 조치로 인해 관광 목적 크루즈선 입항과 외국인 여행객의 국내 하선 관광은 제한된 바 있습니다. 한화디펜스와 현대로템이 각각 폴란드와 계약한 K-9 자주포와 K2 전차 납품을 시작했습니다.