PERKULIAHAN KE - 3 METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PAI


Metode Penelitian Pendidikan PAI ( Kuliah Daring ke - 3 )
KUANTITATIF dan KUALITATIF
1. Kuantitatif
     Metode penelitian ini disebut penelitian positivisme (positivisme itu salah satu aliran filsafat positivisme, dalam arti metode lama sehingga sudah mentradisin karena proses penelitian mengutamakan :
a. Scientific
b. Artistik
C. Konfirmasi
d. Mengutamakan temuan atau fakta
Keutamaan metode ini dikarenakan banyak menggunakan angka angka dan analisanya menggunakan psrhitungan statistik.
Penelitian kuantitatif yang telah lama ditrapkan dan telah menonjol penggunaannya adalah:
a. Riset ekspwrimen: suatu penelitian untuk memanipulasi populasi, mengendalikan suatu variabel bebas serta mengamati variabel terikat atau variabel kintrol
b. Ex post  facto: riset yang dilakukan dimana prosesnya banyak sama dgn pelaksanaan eksperimen, cuma saja kalau ek post facto tidak dapat secara langsung memanifulasi variabel bebas
c. Riset deskriptif: yaitu penelitian yg prosesnya mengusahan untuk dapat melukiskan suatu keadaan yg sedang terjadi, mencari hubungan suatu variabel dengan variabel yang lain. Juga melihat pengaruh yg sedang terjadi antara suatu variabel kepada variabel yang lainnya, bisa juga melihat suatu kecendrungan kecendrungan yang sedang berkembang. Oleh karena itu penelitian deskriptip itu lebih terkesan kepada elukiskan keadaan sesuatu yang sedang terjadi pada saat penelitian berlangsung, jadi prinsif nya lebih kepada apa yg sedang terjadi. Oleh karena itu riset deskriptif itu sangat twrgantung kepada kondisi populasi atau keadaan responden terakhir yang menjadi sasaran riset. Sifat deskriftif bisa saja melekat kepada penelitian kualitatif atau kuantitatif namun lebih sering melekat kepada riset kuantitatif.
d. Riset Historis: yaitu penelitian sejarah , dimana titik tumpu penelitiannya lebih menonjol kepada pengujian suatu kebenaran yg sudah terjadi dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Riset sejarah harus dapat mengungkapkan atau apa yang terjadi dimasa lalu. Proses pengungkapan itu dapat memakai penelitian kuantitatif atau bisa juga kepada kualitatif.
Tugas:
1. Buatlah beberapa rumusan variabel penelitian yang menurut anda bisa diteliti dengan menggunakan eksperimen 5 judul, eks post facto 5 judul, deskriptif 5 judul, dan penelitian historis 5 judul.
2. Dari yg anda buat di atas, jadikanlah prodaknya/hasilnya menjadi penelitian di bidang PAI.
3. Sehubungan dengan tugas nomor dua diatas, maka lanjutkan kepada merumuskan beberapa pertanyaan sebagai fokus penelitiannya, dan mana tau saudara lebih suka kepada membuat rumusan penelitiannya kepada pengujian hipotesis, maka yang demikian ini pun boleh menjadi pilihan anda.


No comments: