Perkuliahan Metode Penelitian Pendidikan PAI


Materi ke - 10
Metode Pengumpulan Data (Lanjutan ke 2)
Tata Cara Penyusunan Alat Pengumpulan Data
Memperkenalkan Infentory dan Angket lebih lanjut.
1. Angket / Kuesioner
Ciri yang mekekat adalah berisi sejumlah PERTANYAAN yang ditujukan kepada individu
Pertanyaan itu bisa berupa fakta fakta tentang diri individu, umpamanya : nama, alamat, dst.
Pertanyaan selain fakta tentu boleh juga ditanyakan berupa pendapat (opini) tentang kesenangan seseorang terhadap suatu situasi, dst.
1.1. Jenis jenis kuesioner
        1.1.1. Kuesioner menurut tinjauan subyek, yaitu ada kuesioner langsung, dalam arti langsung diberikan pada sumber asli tanpa perantara; dan selanjutnya disebut kuesioner tidak langsung, misalnya kita ingin mengumpulkan data tentang siswa, namun yang diberikan kuesioner kepada orang tuanya.
       1.1.2. Kuesioner menurut bentuk pertanyaan yg digunakan. Model seperti ini ada pwrtanyaan terbuka dan ada pula pertanyaan tertutup. Kuesioner dgn pertanyaan terbuka adalah jawaban yang akan diberikan tidak begitu dibatasi, contohnya: Bila mana anda disuruh duduk dengan seseorang yg tidak anda sukai maka bagai manakah sikap anda ?.
Dikatakan pertanyaan tertutup, bila mana pertanyaan pertanyaan yang diajujan itu sudah tersedia alternatif alternatif jabannya: a...., b....., c.....,d.......
2. Infentori
Berupa suatu daftar yang berisi sejumlah PERNYATAAN (Statemen) tentang sifat , atau juga keadaan tertentu. Setiap pernyataan yang ada itu maka disuruh seseorang memilihnya yang sesuai dengan dirinya.
Pernyataan yang dipilih cukup ditandai dengan cheklis, sedangkan yang tidak cocok maka tidak diisi apa apa.
Pertimbangan Penggunaan:
Infentori sesuai digunakan untuk mengambil data dari orang lain yang menyangkut kepada: Tempramen, karaktet, sikap, minat. Dala  arti berkenaan dengan aspek aspek kepribadian dan bukan menanyakan hasil belajar.
Contoh aspek kepribadian yang bisa disusun daftar Infentorinya:
a. Aktivitas: tentang energik tidaknya seseorang; senang tidaknya melakukan gerakan, cepat tidaknya berreaksi, antusias atau tidaknya seseorang terhadap seseuatu.
b. Pengendalian diri : tentang keberhati hatian, dan pengontrolan kepada diri
c. Sosiabilitas: senang tidaknya seseorang  mencari kontak dengan orang lain, melakukan kegiatan kegiatan bersama, melibatkan diri dalam pwrcakapan, dst
d. Kestabilan emosi: tentang kemantapan suasana hati, keoptimisan, kegembiraan, kebahagian, ketenangan, kesabaran, ada tidaknya rasa berdosa, kecemasan, dan kesendirian.
e. Kejantanan: tentang mudah tidaknya seseorang merasa geli, gampang tidaknya  engapresiasikan perasaan, pemberani, penakut, pengecut, pencemburu.
Petunjuk Skala Pengukuran
Untuk menyusun daftar jawaban dari pertanyaan angket atau juga daftar pernyataan dari infentori, maka ada yang dikenal dengan Skala Likert (Likert type Scales) 1932 yang pertama sekali dicobakan penciptanya sendiri Francis Likert.
Skala itu memberi  beberapa tingkat scala/tingkatan jawaban untuk menjadi pilihan oleh si penjawab ( sumber data atau informan).
Contoh jawaban 5 scala: 
TUGAS ANDA !
Pertanyaan
1, seberapa besar antusias anda terhadap pekerjaan sbg mahasiswa yang anda tekuni sekarang ?
Jawabannya : a. Saya benci pada pekerjaan saya sekarang
                         b. Saya sangat antusias
                         c. Saya tidak   menyukainya
                         d. Saya menyukainya
                         e. Sedang sedang saja
2. Seberapa lama biasanya anda merasa puas dalam pekerjaan anda : a.....b....c.....d.....e.....
3. Bagaimana pendapat anda bila anda disuruh berhenti dan harus  membantu orang tua sekarang: a....b.....c....d......e......
4. Bagai mana perasaan anda terhadap orang tua yang mengandalkan tenaga anda untuk  menafkahi ekonomi keluarga:
    a.....b....c.....d.....e.....
5. Seberapa lama anda bisa bekerja tiap hari untuk mengendalikan ekonomi keluarga supaya kebutuhan bersama terpenuhi:
a.......b......c.....d......e.....
Bila anda sudah membuat pilihan jawaban maka skor statemen yg terkesan positif nilainya umpamanya :sangat setuju 5    -     sangat tdk setuju skornya 1.
Dan untuk statemen yg terkesan negatif maka skornya adalah sebaliknya/ kebalikan dari yg diatas, maka
Petunjuk  mengerjakan tentu dimulai:
1. Buat dulu pilihan abcde yg kosong
2. Pilih jawaban satu yg tepat menurut selera anda
3. Setelah diisi ,tentu dijumlahkan dan akan dapat nilai n yg baru, maka berapa dapatnya ?
4. n baru dibagi dgn jml skor ideal, maka berapa skor anda ?

               







No comments: