WAKTU WAKTU KETIKA SOLAT DIAJARKAN


salat pada usia yang tepat. Salah seorang penulis berkata:  Saya menyadari bahwa saat menyaksikan Ibu saya sedang berwudhu, salat dan Puasa merupakan teladan yang baik darinya . Itu semua memberikan pengaruh yang mendalam pada diri saya yang mendorong saya untuk mencintai salat dan puasa , sebagaimana juga saya ketahui bahwa dzikir salat dan puasa adalah perkataan dan perbuatan yang telah saya dengar dari Ibu saya. Terkesan banyak bahwa Ibu saya ini yang memupuk cinta suci dalam jiwa sayan. Maka secara umum menurut tulisan ini , atau menurut pengalaman yang demikian ini dimana :
* sosok pertama yang mengajarkan salat pada anak adalah kedua orang tuanya baik ayah maupun Ibu oleh karena itu itu kapan kita mulai mengajarkannya kepada mereka ? Jawaban pertanyaan ini diterangkan oleh hadits berikut:  Hisyam bin Saad berkata kami bertamu kerumah bin Abdullah bin hubaib aljuhani dimana ia bertanya kepada istrinya !. Kapan anak mulai salat ? istrinya menjawab : Benar seorang laki-laki dari golongan kami menceritakan dari Rasulullah bahwa: beliau ditanya tentang itu, beliau menjawab seperti ini "Rasulullah menjawab jika anak telah mengetahui arah kanan dan kirinya maka perintahkanlah salat". Untuk salat Abdullah bin Umar Bin Khattab juga berkata: " Rasulullah bersabda :  "jika anak sudah bisa berbicara maka ajarilah mereka mengucapkan Lailahaillallah, dan jika sudah tumbuh giginya ajarilah mereka salat. Rasulullah Shallallahu alaihi waSallam juga bersabda: " jagalah anak-anak kalian dalam urusan salat dan latihlah mereka dengan kebaikan karena kebaikan itu adalah kebiasaan ". (HR.Thabrani). Ketika Abul Aura bertanya kepada Hasan bin Ali Bin Abu Thalib , apa yang kamu hafal dari nabi ?, ia menjawab salat lima waktu , Nabi juga  telah menentukan usia yang tepat untuk mengajarkan salat pada anak-anak karena pada usia tersebut , anak hanya menuruti kedua orang tuanya dan merasa senang mereka pada saat salat.  Hakim dan Abu Daud meriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin as bahwa: Rasulullah bersabda:  "perintah lah anak-anakmu agar salat saat mereka telah berumur 7 tahun , pukullah mereka saat mereka telah berumur 10 tahun belum juga mau sholat, dan pisahkanlah tempat tidur mereka .
* Hikmah dari perintah perintah ini:
1. Mulailah mengajari anak pada masa pertumbuhan mereka. Diusahakan agar terbiasa mengerjakannya, dan termasuk paling baik sejak kukunya mulai tumbuh.
2. Kebiasaan menurut tuntunan hadis akan lebih mudah menanamkan ketaatan kepada Allah, lebih mudah menanamkan rasa kebiasaan bersyukur, rasa percaya, rasa bersandar, dan takut kepada Allah SWT.
3. Melalui tata cara ibadah akan lebih mudah menanamkan kebersihan Rohani anak, pembiasaan akhlak mereka, dan menjaga kesehatan jasmani mereka.

No comments: