SARANA ILMIAH YANG UNIVERSAL


Bilamana kita ingin mengenal seseorang individu atau sekelompok orang maka kita harus menguasai suatu cara yang tepat untuk mengenalnya . Sebagai seorang pendidik merupakan kewajiban bagi kita untuk mengenal adik anak didik kita lebih jauh ,upaya pengenalan itu telah digambarkan oleh Torndike di sekitar abad ke-20 .Beliau mengatakan kan pada diri seseorang perlu kita kenal antara lain temperamen karakter sikap minat dan kemampuan menyesuaikan diri . Namun kalau kita hubungkan dengan kajian Psikologi maka harus ditambah lagi dengan pengenalan intelegensinya dan intelegensi khusus. Tujuan pengenalan psikologi : (1) untuk membantu siswa untuk lebih mengenal dirinya, (2) untuk membantu orang tua lebih mengenal anak mereka dan yang (3) membantu guru untuk lebih mengenal muridnya.
Untuk mengenal seseorang tentunya erat hubungannya  dengan sarana statistika . Sarana statistika ini masih banyak kalangan guru dan dosen kurang terampil untuk menggunakannya . Sebenarnya artistika itu adalah disebut sarana ilmiah dengan kata lain sarana bagi seseorang guru maupun dosen untuk meneliti secara ilmiah menyangkut data-data dari suatu objek . Bisa saja obyeknya berupa individu, bisa juga merupakan obyek kebendaan .Dalam dunia statistik kita perlu mengenal Apa yang disebut dengan statistik deskriptif ?, statistik inferensial ?, statistik parametrik ?, dan statistik non parametrik. Berikut ini berikut ini kan kita upayakan untuk memperkenalkannya melalui tulisan yang sederhana ini:
Statistik deskriptif adalah suatu prosedur memungkinkan peneliti melukiskan dan merangkum pengamatan yang telah dilakukan dengan apa adanya , contohnya : bagaimana jawaban seseorang yang yang telah dimintakan tanggapannya tentang sesuatu pertanyaan yang jawabannya terbuka. Jawabannya tentu berbeda setiap orang, namun kita tidak boleh  untuk menyamakan beragam jawaban itu. 
Kalau statistik inferensial adalah suatu ilmu untuk membuat keputusan yang masuk akal dengan menggunakan keterangan yang terbatas. Apa yang kita amati dalam sampel serta apa yang kita ketahui tentang kesalahan penarikan sampel maka kita akan menggunakannya untuk membuat keputusan tentang populasi , betapapun keputusan itu salah tetapi bisa masuk akal . Umpamanya kita analisis suatu kebenaran dari hipotesis nol namun setelah diteliti hipotesis tidak terbukti .
Berikut ini akan kita perkenalkan pula Apa yang dimaksud dengan statistik parametrik dan statistik non parametrik. 
Statistik parametrik adalah suatu ilmu statistik yang mempertimbangkan jenis sebaran tabel distribusi data yaitu apakah data yang menyebar secara normal atau tidak , dengan kata lain data yang akan dianalisis menggunakan statistik parametrik dan dalam hal ini harus memenuhi asumsi normalitas dan tentunya harus menggunakan uji normalitas, uji-uji yang lain misalnya juga uji homogenitas, uji validitas, uji reabilitas dan uji yang lainnya. Contoh sederhananya mencari angka nilai rerata dalam suatu kelompok.
Berikut ini akan dijelaskan pula statistik non parametrik ,yaitu: suatu cabang ilmu statistik yang tidak hanya didasarkan data dan keluarga parameter dari distribusi probabilitas. Dengan kata lain statistik non parametrik didasarkan pada distribusi bebas atau memiliki distribusi yang ditentukan tetapi dengan parameter distribusi tidak ditentukan.Umpamanya kita cuma ingin mencari Rangking perolehan nilai para siswa.

No comments: