A.
Strategi Manajemen Kelas
Dalam upaya menciptakan iklim kelas yang kondusif, dapat ditempuh
dengan dua strategi manajemen, yaitu: strategi pencegahan timbulnya masalah dan
strategi pemecahan masalah. Manajemen kelas proaktif yang mencakup tindakan
reaktif dalam merespon masalah dan tindakan proaktif dalam merencanakan
perilaku yang produktif. Ciri-cirinya, yaitu:
1.
Lebih
bersifat preventif.
2.
Mengintegrasikan
metode-metode yang memfasilitasikan perilaku siswa yang sesuai dengan procedur
peningkatan prestasi, dengan menggunakan teknik pembelajaran yang efektif.
3.
Menekankan
dimensi kelompok dari manajemen kelas.
B.
Keterampilan Manajemen Kelas
Keterampilan manajemen dasar dalam praktik pembelajaran dikelas
antara lain adalah ketrampilan mengorganisir dan memonitor aktivitas kelas,
keterampilan membentuk kelompok, keterampilan menetapkan aturan dan prosedur,
dan keterampilan memberikan respon terhadap perilaku yang menyimpang. Tahap
pertama dalam manajemen kelas yang efektif adalah pengorganisasian aktivitas
kelas.
No comments:
Post a Comment