BAB KETIGABELAS MANAJEMEN KELAS


 

A.      Strategi Manajemen Kelas

Dalam upaya menciptakan iklim kelas yang kondusif, dapat ditempuh dengan dua strategi manajemen, yaitu: strategi pencegahan timbulnya masalah dan strategi pemecahan masalah. Manajemen kelas proaktif yang mencakup tindakan reaktif dalam merespon masalah dan tindakan proaktif dalam merencanakan perilaku yang produktif. Ciri-cirinya, yaitu:

1.      Lebih bersifat preventif.

2.      Mengintegrasikan metode-metode yang memfasilitasikan perilaku siswa yang sesuai dengan procedur peningkatan prestasi, dengan menggunakan teknik pembelajaran yang efektif.

3.      Menekankan dimensi kelompok dari manajemen kelas.

 

B.       Keterampilan Manajemen Kelas

Keterampilan manajemen dasar dalam praktik pembelajaran dikelas antara lain adalah ketrampilan mengorganisir dan memonitor aktivitas kelas, keterampilan membentuk kelompok, keterampilan menetapkan aturan dan prosedur, dan keterampilan memberikan respon terhadap perilaku yang menyimpang. Tahap pertama dalam manajemen kelas yang efektif adalah pengorganisasian aktivitas kelas.


No comments: