A.
Tujuan dan Fungsi Evalusi
Ada tiga tujuan evaluasi, yaitu untuk:
1.
Mengumpulkan
informasi dan membuat keputusan tentang kemajuan belajar siswa.
Evaluasi ditujukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan
belajar siswa, informasi tersebut berguna untuk melihat sampai sejauhmana
tingkat kemajuan yang dicapai.
2.
Meningkatkan
belajar siswa
Evaluasi bertujuan untuk meningkantkan belajar siswa, karena
melalui evaluasi siswa dapat mengetahui hasil belajar yang telah dicapainya. Pengetahuan
tentang hasil belajar yang dicapai tersebut menjadi titik tolak siswa dalam
uapaya meningkatkan belajarnya.
3.
Meningkatkan
motivasi belajar siswa
Hasil evaluasi belajar siswa dapat memberikan dorongan pada siswa
dalam upaya memperbaiki atau meningkatakan usaha belajarnya. Hasil yang usdah
memuaskan dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar, begitu juga
sebaliknya.
B.
Bentuk dan Teknik Evaluasi
Bentuk evaluasi beragam bergantung pada tujuannya. Di antara bentuk
evaluasi yang biasa dilaksanakan adalah:
1.
Evaluasi
formatif adalah bentuk evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir penyajian
suatu pelajaran atau modul. Tujuan evaluasi ini ialah untuk memperoleh
informasi tentang efektivitas pembelajaran yang diberikan dan mendeteksi
kesulitan belajar siswa dalam mempelajari pelajaran tersebut.
2.
Evaluasi
sumatif adalah bentuk evaluasi yang dilakakukan untuk mengukur kinerja akademik
atau prestasi belajar siswa pada periode pelaksanaan program pembelajaran,
biasanya akhir semester dan akhir tahun ajaran baru.
3.
Evaluasi
prasyarat adalah bentuk evaluasi yang biasanya dilakukan untuk mengidentifikasi
penguasaan atau kemampuan siswa atas materi sebelumnya yang mendasari materi
baru yang akan dipelajari.
4.
Evaluasi
diagnostic adalah bentuk evaluasi yang ditujukan untuk mengidentifikasi
bagian-bagian pelajaran yang belum dikuasai oleh siswa.
Dalam prosedur pelaksanaanya, ada dua teknik evaluasi,yaitu teknik
tes dan teknik non tes.
No comments:
Post a Comment