BAB KEEMPAT BELAS EVALUASI HASIL BELAJAR


 


A.      Tujuan dan Fungsi Evalusi

Ada tiga tujuan evaluasi, yaitu untuk:

1.      Mengumpulkan informasi dan membuat keputusan tentang kemajuan belajar siswa.

Evaluasi ditujukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar siswa, informasi tersebut berguna untuk melihat sampai sejauhmana tingkat kemajuan yang dicapai.

2.      Meningkatkan belajar siswa

Evaluasi bertujuan untuk meningkantkan belajar siswa, karena melalui evaluasi siswa dapat mengetahui hasil belajar yang telah dicapainya. Pengetahuan tentang hasil belajar yang dicapai tersebut menjadi titik tolak siswa dalam uapaya meningkatkan belajarnya.

3.      Meningkatkan motivasi belajar siswa

Hasil evaluasi belajar siswa dapat memberikan dorongan pada siswa dalam upaya memperbaiki atau meningkatakan usaha belajarnya. Hasil yang usdah memuaskan dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar, begitu juga sebaliknya.

 

B.       Bentuk dan Teknik Evaluasi

Bentuk evaluasi beragam bergantung pada tujuannya. Di antara bentuk evaluasi yang biasa dilaksanakan adalah:

1.      Evaluasi formatif adalah bentuk evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir penyajian suatu pelajaran atau modul. Tujuan evaluasi ini ialah untuk memperoleh informasi tentang efektivitas pembelajaran yang diberikan dan mendeteksi kesulitan belajar siswa dalam mempelajari pelajaran tersebut.

2.      Evaluasi sumatif adalah bentuk evaluasi yang dilakakukan untuk mengukur kinerja akademik atau prestasi belajar siswa pada periode pelaksanaan program pembelajaran, biasanya akhir semester dan akhir tahun ajaran baru.

3.      Evaluasi prasyarat adalah bentuk evaluasi yang biasanya dilakukan untuk mengidentifikasi penguasaan atau kemampuan siswa atas materi sebelumnya yang mendasari materi baru yang akan dipelajari.

4.      Evaluasi diagnostic adalah bentuk evaluasi yang ditujukan untuk mengidentifikasi bagian-bagian pelajaran yang belum dikuasai oleh siswa.

Dalam prosedur pelaksanaanya, ada dua teknik evaluasi,yaitu teknik tes dan teknik non tes.


No comments: